Sira Gadjah Mada paptih amangkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gadjah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring, Pahang, Dompu, Ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa.”


Mulo
hing keneng ditinggyalaken kang aran sejarah ring pengilingyan ison lan riko kabyeh. paran maning kang ono sangkute ambi sembyah buyute wong osing.masio tah jyamane wes berubah di terak ambi kemajuan jyaman,koyo sandal pedhot diterak banyu kang belabor....ayo kabyeh podo majau tapi ojok sampek kedhapen nyang kang aran kemajuan jyaman lan lalai nyang sejarahe dewek.masio sejarah kang seneng lan sejarah kang ngenes koyok sejarahe puputan bayu........
mulo konco-konco lare/wong osing iki jarang kang ngerti jatidhiri/sejarahe dewek....
ring oret-oretan ikay, masio tah sumbere teko ring endi-endi byain...mugo-mugo keneng di gyawe pengiling-iling lan ono manpaatek..


Rofiklaros/Ki kuda kedhapan


Arsip Blog

ANTOGAN LAN WATU ULO

Sebelum di renovasi seperti yang sekarang ,Antogan adalah sebuah tempat alami,semak belukar,rumput dan sungainya yang jernih diantara batu-batuan sungai yang besar,penulis waktu kecil hampir setiap hari mandi ditempat ini apalagi hari liburan. setiap memasuki antogan dada berdebar sendiri...tetapi dgn niat hanya ingin mandi rasa takut hilang ditelan keinginan bersenang-senang .tapi maklum masa kanak yang penting senangnya dulu tanpa menghiraukan hal-hal yang lainnya...padahal aroma mistis terasa pada waktu itu.....
antogan terletak didesa bunder-kec kabat-banyuwangi sekitar 6km dari Rogojampi kearah barat .gemericik air terjunya yang sangat asri....air biru jernih gemericik dari air terjun, air terjun ini dikelilingi batu besar yang mengelilingi separo dari pemandian,ada juga tempat yang dipercaya masyarakat sebagai salah satu tempat tawang alun bertapa yaitu disuatu tempat diantara batu-batuan yang terdapat sebuah lobang/pecahan batu yang hanya cukup untuk satu orang yang terdapat di lereng atas menuju jalan air terjun. juga didalam dibalik air terjun ada rongga yang bisa dimasuki oleh beberapa orang. menurut orang tua di situ ronggao itu juga salah satu tempat bersemedhi .....suasananya sangat terasa aroma magis . ditambah lagi deretan batu sebesar rumah di sepanjang pinggir sebelah sungai .....menambah suasana menyeramkan kalau berada di situ sendirian......

sebelum antogan di komersilkan,,,,tidak ada orang yang berani mandi sendirian di tempat tersebut ,minimal mengajak kawan untuk mandi.apalagi hari jum'at .... karena diyakini masyarakat masih ada petapa yang tak lain adalah prabu tawang alun. banyak cerita mistis yang dialami masyarakat sekitar tentang antogan.diantaranya pernah seseorang yang mencari ikan yang menarik akar diantara akar-akar pohonan....orang tersebut lari pontang panting,karena mendengar suara seseorang yang mengatakan "jangan kau tarik-tarik jenggotku".dan masih banyak kejadian yg lain.
Air antogan berasal dari mata air longon yang berada diatas pegunungan dikaki gunung raung,airnya bersih ,bening sejuk sekali banyak orang meminum air sumber tersebut tanpa dimasak terlebih dahulu.. di longon dijumpai juga adanya kuburan yang panjangnya tidak seperti biasanya kira-kira hampir 2,5-3 meter . menurut masyarakat kuburan tersebut adalah kuburan buyut munir. dan ini menjadi tanda tanya apakah buyut munir ini adalah salah satu yang menurut pak sumono abdul hamid adalah arya blambangan?? yang menurut gambaran arya belambangan orangnya tinggi besar.dan yang lebih aneh lagi adalah kuburan buyut munir ada dimana-mana ......ada di sumber longon,ada di desa bareng dan di desa yang lainnya......mungkin ini perlu juga untuk dilakukan penelitian lebih mendalam. siapa dan mengapa kuburan panjang tersebut???........

Setelah direnovasi antogan yang dulu alami dengan segala kemistisannya,kini sudah berubah kalau dulu mau ke airterjun menyusuri lewat hilir sungai,kini harus lewat hulu sungai dari atas samping air terjun.dan masih banyak lagi perubahan yang diantaranya sebagai tempat mojok.kini antogan sepi dari pengunjung...mungkin dikarenakan semakin banyak bermunculan tempat-tempat wisata yang baru dan lebih menawarkan kesenangan yang lainnya bagi masyarakat.mudah-mudahan kedepan antogan kembali ramai dikunjungi masyarakat,seperti awal-awal antogan di renovasi.

WATU ULO

Jangan salah watu ulo bukan hanya di daerah ambulu jember.tapi di daerah banyuwangi ada watu ulo tepatnya didesa bunder.Didekat antogan ada juga batu yang sangat aneh dan unik ,yaitu batu seperti tubuh ular merayap.dan sangat panjang sekali dari desa bunder/samping lap boladekat PDAM daerah bunder sampai ke daerah desa gumuksari dan benelan lor..
yang aneh lagi adalah nampak dengan jelas bekas potongan ditubuh ular yang sudah menjadi batu tersebut tersebut .lebar badan/batu ular kira-kira 1-2 meter ,jarak tiap potongan sekitar lebih kurang 5 meter .seakan-akan ular tersebut selagi hidup mati dengan tubuh di cincang menjadi beberapa bagian. batu ular ini sampai sekarang belum ada yang meneliti tentang asal usul terjadinya batu tersebut.......cerita yang berkembang di masyarakat batu tersebut adalah tubuh ular yang di bunuh dengan cara di cincang pada masa lampau dan mengeras jadi batu .badannya di desa bunder ......dan kepalanya ada di daerah pantai watu ulo ambulu-jember .

monggo diteliti............kang ketinggalan ikay

putune ki kuda kedhapen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar