Sira Gadjah Mada paptih amangkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gadjah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring, Pahang, Dompu, Ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa.”


Mulo
hing keneng ditinggyalaken kang aran sejarah ring pengilingyan ison lan riko kabyeh. paran maning kang ono sangkute ambi sembyah buyute wong osing.masio tah jyamane wes berubah di terak ambi kemajuan jyaman,koyo sandal pedhot diterak banyu kang belabor....ayo kabyeh podo majau tapi ojok sampek kedhapen nyang kang aran kemajuan jyaman lan lalai nyang sejarahe dewek.masio sejarah kang seneng lan sejarah kang ngenes koyok sejarahe puputan bayu........
mulo konco-konco lare/wong osing iki jarang kang ngerti jatidhiri/sejarahe dewek....
ring oret-oretan ikay, masio tah sumbere teko ring endi-endi byain...mugo-mugo keneng di gyawe pengiling-iling lan ono manpaatek..


Rofiklaros/Ki kuda kedhapan


Arsip Blog

FALSAFAH ACLAK,LADHAK,BINGKAK

Apa yang paling terkenal dari Banyuwangi? Barangkali orang akan memberikan jawaban seragam: dukun santet! Jawaban seperti itu bisa dimengerti, karena merupakan akibat dari merambahnya peristiwa pembantaian dukun santet di Banyuwangi tempo hari. Sebenarnya Banyuwangi telah dikenal secara nasional
lewat seni-budaya tari Gandrung, juga lagu daerahnya yang melankolik.Ada sebuah kerajaan kecil yang disebut Kerajaan Macan Putih dengan seorangrajanya bernama Prabu Tawang Alun di abad ke-16. Kerajaan ini tak henti-hentinya dilanda peperangan. Melawan kekuatan kompeni, Mataram,maupun dengan kerajaan-kerajaan kecil di Bal i.Peperangan itu baru berakhir tahun 1775, sesudah perang Puputan Bayu yang
melahirkan pahlawan-pahlawan legendaris seperti Whong Agung Willis,Jagapati, dan pahlawan Putri Sayu Wiwit. Maka post Blambangan yangberpusat di kota Luhpangpang Banyualit, berpin dah ke Candi Gading TirtaArum yang kemudian bernama Banyuwangi. Kemudian terbentuklah komunitastersendiri yang disebut "Whong Using".Whong Using bukan suku terasing yang bertempat tinggal di lokasi terpencil, tetapi merupakan kelompok kecil orang "Jawa" yang bertebaran dIdesa-desa, kelurahan, kecamatan, dan dominan di ibukota Kabupaten Banyuwangi.Perbedaan Whong Using dengan orang Jawa dapat dilihat dari penggunaan bahasa Jawanya yang kosa-katanya masih menggunakan Jawa Kuna atau Kawi dengan dialek diftong pada akhir kalimat tanpa adanya tatanan. Whong Using masih bersaudara sepupu dengan orang Ba li. Menurut Whong Using, orang Bali adalah Whong Using yang masih Hindu. Sedangkan menurut orang Bali,Whong Using adalah orang Bali yang sudah Islam. Whong Using memiliki karakter tersendiri yang sangat tertutup, namun komunikatif, kurang informatif tentang jati-dirinya sebagai Whong Using. Sifatnya yang "Ladhak, Bingkak, dan Aclak" merupakan ciri khusus dalam pergaulan.Ladhak tidak berarti angkuh tapi teguh pendirian yang cenderung tanpa kompromi. Sifat ladhak ini tercermin dari aneka makanan khasnya seperti rujak dicampur dengan soto menjadi rujak-soto, pecel diaduk dengan rawon jadilah pecel-rawon, kopi dicampur denga n es menjadi es-kopi. Sifat Ladhak ini diterapkan sejauh tidak bertentangan dengan agama dan undang-undang. Demikian juga pada perkembangan seni budayanya. Musiknya perpaduan antara pelog dan selendro. Seni hadrah yang bersumber dari pesantren dibumbuhi dengan seni gandrung, maka jadilah seni Kuntulan. Begitu juga dengan busana adatnya, mirip dengan Bali dan ha mpir sama dengan Jawa.
Pengertian Bingkak lebih mendekati egaliter. Bagi Whong Using, setiap orang itu sama. Orang desa dan kota itu sama, pejabat dan rakyat itu sama,pedagang dan petani itu sama, kaya dan miskin itu sama, tua dan muda itu sama, mengapa harus dibedakan? Sebab yang berbeda itu hanya tempatnya, hanya kedudukannya, hanya pekerjaannya, hanya nasibnya, dan hanya usianya.Itulah falsafah Bingkak. Maka dengan falsafah seperti itu, dilingkungan komunitas Using seperti tidak ditemui adanya unggah-ungguh antara yang satu dengan lainnya.
Dan apakah Aclak itu? Yaitu, gaya bicara yang ekspresif, dinamis, dan dramatis, sehingga yang diajak bicara merasa yakin dengan apa yang dibicarakan. Apalagi jika diucapkan dengan bahasa Using yang kental.
Akibat dari wataknya yang "Ladhak, Bingkak, dan Aclak" itu, maka dalam kehidupan sehari-harinya Whong Using terkesan bebas, seperti tidak ada suatu norma yang mampu mengatur.


 from :  Hasnan Singodimayan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar